Resep Es Lilin Buah Nangka

Bahan-bahan:



- 1 buah nangka matang


- 2 sachet agar-agar bubuk


- 200 ml air matang


- 100 ml susu cair


- 150 gr gula pasir


- 1/2 sendok teh garam


- 500 ml air kelapa



Cara Membuat:



1. Potong-potong buah nangka menjadi kecil-kecil.


2. Campurkan agar-agar bubuk dengan air matang dan susu cair, aduk hingga rata.


3. Tambahkan gula pasir dan garam, aduk kembali hingga gula larut.


4. Tambahkan air kelapa ke dalam campuran agar-agar, aduk hingga rata.


5. Masukkan potongan buah nangka ke dalam campuran agar-agar, aduk kembali.


6. Tuang campuran agar-agar ke dalam cetakan es lilin.


7. Biarkan hingga suhu ruang dan masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam.


8. Setelah es lilin mengeras, keluarkan dari cetakan dan sajikan.



Informasi Nutrisi:



- Kalori: 100 kalori per porsi


- Protein: 1 gram


- Lemak: 0 gram


- Karbohidrat: 25 gram


- Serat: 1 gram


- Vitamin C: 10% dari kebutuhan harian


Es lilin buah nangka adalah camilan yang segar dan lezat untuk dinikmati di tengah-tengah cuaca panas. Buah nangka yang manis dan lembut memberikan rasa yang unik pada es lilin ini. Agar-agar digunakan sebagai bahan dasar pembuatan es lilin ini, sehingga teksturnya kenyal dan lembut.


Campuran susu cair dan air kelapa memberikan rasa yang segar dan kaya akan nutrisi. Air kelapa mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh dan susu cair mengandung kalsium dan protein. Gula pasir dan garam digunakan sebagai penyedap dan membuat rasa es lilin menjadi lebih seimbang.


Untuk membuat es lilin buah nangka ini, potong-potong buah nangka menjadi kecil-kecil terlebih dahulu. Kemudian, campurkan agar-agar bubuk dengan air matang dan susu cair, aduk hingga rata. Tambahkan gula pasir dan garam, lalu aduk kembali hingga gula larut. Setelah itu, tambahkan air kelapa ke dalam campuran agar-agar, aduk hingga rata. Masukkan potongan buah nangka ke dalam campuran agar-agar, aduk kembali. Tuang campuran agar-agar ke dalam cetakan es lilin dan biarkan hingga suhu ruang. Setelah itu, masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam hingga es lilin mengeras. Keluarkan dari cetakan dan sajikan.


Es lilin buah nangka mengandung 100 kalori per porsi. Protein yang terkandung dalam es lilin ini sebesar 1 gram, lemak sebesar 0 gram, dan karbohidrat sebesar 25 gram. Serat yang terkandung sebesar 1 gram dan vitamin C sebesar 10% dari kebutuhan harian. Es lilin buah nangka dapat dijadikan sebagai camilan yang sehat dan lezat, terutama di musim panas.


close